JSOFT
PANGKALPINANG, BABEL
24 JAM CALL/ONLINE

Rental Motor dan Mobil Pangkalpinang
JSOFT

TIPS BERKENDARA JARAK JAUH

Berkendara jarak jauh bukan lagi hal yang aneh bagi para pemilik kendaraan pribadi. Di berbagai momen, baik liburan ataupun hari raya, banyak pengendara yang lebih memilih melakukan perjalanan dengan jalur darat dan menempuh jarak yang jauh.
Banyak alasan yang mendasari keputusan tersebut. Mulai dari menghemat biaya, merasakan pengalaman yang berbeda, hingga mempererat hubungan antara keluarga ataupun kerabat.
Tapi kamu tahu nggak? Sebelum berkendara jarak jauh ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Apa saja sih?


Cek Kendaraan
Sebelum berpergian jarak jauh, sempatkan mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dengan mengeceknya secara personal ataupun dibawa ke bengkel terdekat. Pastikan semua fungsi kendaraan berjalan baik agar tidak ada kendala di tengah perjalanan.

Kondisi Fisik
Selain kondisi kendaraan, kondisi pengendara juga harus diperhatikan. Sebelum berkendara jarak jauh, pastikan dulu pengendara dalam keadaan fit agar mampu untuk tetap fokus saat membawa kendaraan baik kala siang ataupun malam hari.

Atur Posisi Mengemudi Senyaman Mungkin
Berkendara jarak jauh berarti pengendara harus siap duduk berjam-jam di belakang setir. Maka dari itu, posisi duduk saat mengemudi menjadi salah satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Aturlah jarak bangku dengan setir senyaman mungkin, agar kamu tak merasa kelelahan dengan posisi yang kurang pas.

Bawa Surat-surat serta Perlengkapan
STNK, SIM, Tool Kit sederhana, hingga P3K, merupakan beberapa pelengkap yang tak boleh kamu lupakan. Seperti kata pepatah 'sedia payung sebelum hujan', jangan lupa untuk membawa perlengkapan tersebut sebagai antisipasi dini ketika sesuatu hal terjadi.

Jangan Memaksakan Diri Ketika Lelah
Terakhir, perjalanan jauh pastinya akan menghabiskan energimu. Jangan segan untuk berhenti dan beristirahat sejenak ketika kamu merasa kelelahan. Jangan memaksakan diri untuk lanjut mengemudi, parkirkan kendaraan secara aman di pom bensin atau rest area terdekat, dan istirahatlah sampai tubuh siap mengemudi kembali.

JSOFT

JSOFT